News Update :

Pengertian Metode Kerja Kelompok

Senin, 03 September 2012

Metode pada dasarnya adalah cara mengajar atau teknik mengajar, sedangkan metode pada khususnya hakekatnya adalah tentang metode yaitu ”metode adalah cara-cara penyajian bahan pembelajaran”. Membagi metode dalam tiga faktor yaitu: 
a. Penentuan urutan bahan
b. Penentuan tingkat kesukaran bahan
c. Satu sistim tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Roestiyah (1982:74)

Jadi metode adalah cara penyajian materi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kerja kelompok adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara siswa mengerjakan tugas secara kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Berikut ini pendapat Dyah (2009:02) tentang pengertian kerja kelompok yaitu: ”kerja kelompok adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara siswa mengerjakan sesuatu (tugas) dalam situasi kelompok dibawah bimbingan guru”. Sementara menurut Robert L. Cilstrap dan William R. Martin dalam Roestiyah (1982:74) mengatakan bahwa ”kerja kelompok sebagai kegiatan sekelompok siswa yang biasanya berjumlah kecil diorganisir untuk kepentingan belajar”.

Demikian pula pendapat (Daryanto, 1993:45) ”kerja kelompok adalah bahwa siswa dalam satu kelas dipandang sebagai satu kesatuan tersendiri ataupun dibagi atas kelompok-kelompok kecil”. Kerja kelompok dapat diartikan sebagai suatu upaya atau tindakan dari seluruh komponen kelas secara sama-sama melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang produktif yang berlandaskan norma, dan komunikasi dalam keeratan. (Roestiyah, 2001:15).

Istilah kerja kelompok dapat pula diartikan sebagai bekerjanya sejumlah siswa, bagi sebagai anggota kelas secara keseluruhan atau sudah terbagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama. Kerja kelompok ditandai oleh: 

a.  Adanya tugas bersama
b. Pembagian kelompok dalam kelompok
c. Adanya kerjasama antara kelompok dalam menyelesaikan tugas kelompok. (Roestiyah, 2001:15).

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru untuk mengefektifkan metode kerja kelompok, antara lain:

a) Mengelompokan siswa berdasarkan kemampuan atau pertimbangan lain yang relevan dengan tugas; b) Membagikan tugas kepada setiap kelompok; c) Mengawasi dan memberikan motivasi kepada setiap kelompok; untuk bekerja sebaik-baiknya (semua aktif berpartisipasi); d) membantu kelompok yang memerlukan; e) memberi balikan pada tiap pembelajaran siswa; dan f) memimpin kegiatan kulminasi dalam bentuk pertanyaan jawaban kepada setiap kelompok. (Roestiyah, 2001:16). Sementara menurut Purwaty, (2009:2) bahwa: para siswa pada proses belajar mengajar yang diselenggarakan meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil dari proses belajar mengajar secara berimbang. Berpijak pada pengertian kerja kelompok seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka metode kerja kelompok dapat diartikan sebagai format belajar mengajar yang menitik beratkan kepada interaksi antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya dalam satu kelompok guna menyelesaikan tugas-tugas secara bersama-sama untuk mencapaim tujuan yang dituangkan dalam tujuan pembelajaran khusus”.

Berikut ini dipaparkan tujuan pemakaian metode kerja kelompok yang dikemukakan oleh (Daryanto, 1993:46) yaitu: 

a) Mengelompokan diadakan dalam rangka mengatasi alat pembelajaran yang terbatas; b) Pengelompokan atas dasar perbedaan individual dalam kemampuan belajar; c) Pengelompokan atas dasar perbedaan minat; d) Pengelompokan ditujukan untuk menperoleh/memperbesar ikut serta setiap siswa; dan e) pengelompokan atas dasar pembagian pekerjaan.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, maka peneliti menyimpulkan bahwa metode kerja kelompok sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan adalah suatu metode pengelompokan siswa yang jumlah anggotanya berkisar antara 5-6 orang, kemudian diberikan latihan dalam bentuk lembar kerja siswa untuk dikerjakan bersama-sama anggota kelompok yang telah ditentukan.
Masukkan Email Anda Untuk :
Share this Article on :
 
© Copyright Vionetpalu.com 2014 | My Blog Blog Pendidikan | Powered by Blogger.com.