News Update :

Macam-macam Metode Pembelajaran di TK

Jumat, 21 September 2012

Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan penguasaan konsep, transisi dan lambing dengan berbagai variasi materi, media dan bentuk kegiatan yang akan dilakukan. Adapun metode yang dapar dilakukan antara lain : 

1.      Metode Berbicara
Adalah cara bertutur kata dan menyampaikan cerita atau memberikan penerangan kepada anak secara lisan. Jenisnya antara lain, bercerita dengan alat peraga atau tanpa alat peraga. 

2.      Metode Bercakap-cakap
Adalah suatu cara menyampaikan bahan yang dilaksanakan melalui  bercakap-cakap dalam bentuk Tanya jawab antara anak dengan guru atau anak dengan anak. Jenisnya antara lain: bercakap-cakap bebas, berdasarkan gambar seri atau berdasarkan tema.

3.       Metode Tanya Jawab
Dilaksanakan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberikan rangsangan agar anak aktif untuk berfikir. Melalui pertanyaan guru, anak akan berusaha untuk memahaminya dan menemukan jawabannya. 

4.      Metode Pemberian Tugas
Adalah pemberian kegiatan belajar  mengajar dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang telah disiapkan oleh guru. 

5.      Metode demonstrasi
Adalah suatu cara untuk mempertunjukan atau memperagakan suatu objek atau proses dari suatu kejadian atau peristiwa. 

6.      Metode Eksperimen
Adalah metode kegiatan dengan melakukan suatu percobaan dengan cara mengamati proses dan hasil dari percobaan tersebut. Berbagai metode yang lain pada dasarnya dapat digunakan didalam permainan berhitung. Hal ini disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan serta tergantung kepada kreativitas guru. 

Pelaksanaan Permainan Berhitung
Kemampuan yang diharapkan dalam permainan berhitung di TK dapat dilaksanakan melalui penguasaan konsep, transisi dan lambing yang terdapat di semua jalur matematika, yang meliputi pola, klasifikasi bilangan, ukuran, geometri, estimasi dan statistika.
Masukkan Email Anda Untuk :
Share this Article on :
 
© Copyright Vionetpalu.com 2014 | My Blog Blog Pendidikan | Powered by Blogger.com.